Tuesday, February 26, 2013

Blackberry: Kita Adalah Raja di Pasar Indonesia


Blackberry merupakan salah satu dari sekian banyak perusahaan teknologi yang saat ini saling bersaing. Pasaran mereka yang sudah menyebar diseluruh dunia nampaknya membuat penghasilan mereka terus meningkat tahun ini. Tidak dipungkiri memang sampai saat ini, smartphone Blackberry sangatlah digandrungi masyarakat kita di Indonesia. Hampir sekitar 80% warga Indonesia memakai Blackberry sebagai ponsel andalan mereka. Mulai dari anak-anak, remaja, mahasiswa sampai kalangan orang tua. Blackberry memang dikenal juga akan fitur BBMnya yang sangat memudahkan kita dalam berkomunikasi. Tapi apakah dengan ini Blackberry sampai sekarang masih merajai pasaran teknoogi di Indonesia dan mengalahkan smartphone lainnya?
Blackberry: Kita Adalah Raja di Pasar Indonesia

Dari Survey yang dilakukan oleh Maspiyono Handoyo, Managing Director BlackBerry memperlihatkan bahwa Indonesia adalah pasar Blackberry yang amat sangat besar dan potensial selain Amerika dan Inggris. Dari pernyataan sang Managing Director Blackberry pada event peluncuran aplikasi 'BBM Money' di Jakarta, menjelaskan bahwa Blackberry sampai sekarang masih menjadi raja dipasaran Indonesia mengalahkan smartphone lainnya seperti Samsung, HTC, Nokia, dll. "BlackBerry masih nomor satu. BBM ini di Indonesia sangat populer," kata Maspiyono. Ia menjelaskan, total seluruh pengguna BlackBerry di seluruh dunia adalah mencapai 60 juta orang. Di Negara kita Indonesia, pengguna yang aktif dari Blackberry ini adalah mencapai 50 juta orang! Sehingga, pengguna BlackBerry Indonesia menempati porsi sekira 80-90 persen dari total pengguna BlackBerry di seluruh dunia.
Betapa populernya fenomena Blackberry di negara kita ya? Tentu saja hasil ini sangatlah mencengangkan, padahal kita tau bahwa di negara Asia bagian lain saja seperti jepang, Blackberry tidaklah laku sama sekaliLalu sebenarnya apa yang membuat Blackberry sangat digandrungi oleh masyarakat kita sendiri? Apakah fiturnya? Modelnya? Atau memang gadget ini menjadi "wajib milik" bagi remaja indonesia saat ini, sampai ada yang pernah bilang, "belom gaul kalau ga punya BB coy". What the?! Seperti yang kita tau bahwa baru-baru ini Blackberry sempat mengeluarkan fitur baru bernama BBM Money dimana kita bisa transfer uang dengan mudah lewat BBM dan bertransaksi antar bank melalui BlackBerry. Selain itu, fitur juga bisa dimanfaatkan untuk membeli pulsa telefon, mengetahui informasi saldo, dll. Kayaknya sama saja ya dengan fitur E-Banking?


Lauren Sulistiawati, Direktur Retail Banking PermataBank menjelaskan bahwa pengguna tidak hanya nasabah Bank Permata saja, tetapi nasabah Bank lain pun bisa mencicipi layanan ini.  Limit transaksi per bulan sebesar Rp. 20 jt. "Tidak harus nasabah Permata Bank, asalkan pengguna memiliki handset BlackBerry". Lebih lanjut ia mengatakan, akan ada transaksi charge sebesar Rp5 ribu (non-nasabah Bank Pertama). Pihaknya juga menarget sekira 100 ribu-200 ribu akan menggunakan BBM Money dari total seluruh pengguna BBM di Indonesia.

So, apakah kalian termasuk dari 80-90% orang yang menggunakan Blackberry tersebut? Blackberry masih merajai pasaran di Indonesia sepertinya sudah tidak mengherankan lagi ya. So, what about you guys?

No comments:

Post a Comment