Sunday, February 17, 2013

Apple Ngotot Soal Hak Paten iPhone di Brazil!


Siapa sih yang tidak mengenal nama iPhone dan perusahaan yang membuatnya Apple? Salah satu perusahaan teknologi terbesar didunia ini memproduksi gadget yang bernama iPhone sampai saat ini diseluruh dunia. Produk iPhone yang sampai saat ini telah diproduksi Apple diantaranya adalah iPhone, iPhone 2, iPhone 3Gs iPhone 4S, iPhone 5. Well, ternyata nih sob nama iPhone bukan hanya nama produk yang diselama ini diproduksi Apple loh. FYI nih sob, di negara Brazil sebuah perusahaan juga mempunyai nama produk yang telah mereka buat dan sama dengan Apple yaitu iPhone. 

Apple Ngotot Soal Hak Paten iPhone di Brazil!

Sebagai perusahaan yang selama ini terkenal karena produk iPhone tentu saja Apple merasa geram dengan perusahaan yang memakai nama iPhone di Brazil tersebut. Kita juga mengetahui bahwa di seluruh dunia semua orang tahu bahwa iPhone adalah hak paten untuk produk Apple. Tapi produsen teknologi asal Brazil ini ternyata mempunyai produk gadget yang juga diberi nama iPhone. Bedanya nih sob, kalo iPhone dari Apple selama ini menggunakan iOS, tapi kalau iPhone buatan Gradiente (Yap itulah nama perusahaan tersebut) adalah gadget yang ber-OS Android. Awalnya nih sob Gradiente SA sudah mengajukan pendaftaran hak paten nama iPhone sejak tahun 2000, namun badan hak cipta di Brazil baru mengabulkannya pada tahun 2008. Bahkan nih sob yang lebih mencengangkan lagi, beberapa waktu lalu Gradiente sudah memproduksi smartphone bersistem operasi android dengan nama iPhone.
Tapi nampaknya Apple benar-benar tidak rela jika nama iPhone di Brasil 'tercemar'. Hal ini nampak dari usaha mereka yang mati-matian memperjuangkan untuk mendapatkan hak cipta atas merek tersebut di Brazil sob. Seperti yang diberitakan oleh Merdeka, perusahaan yang dipimpin Tim Cook tersebut mencoba melakukan perlawanan atas kepemilikan hak nama iPhone di Brasil. Tidak tanggung-tanggung, mereka menempuh jalur hukum untuk mengetahui status kepemilikan nama iPhone tersebut. Seperti yang diberitakan sebelumnya, sebenarnya Gradiente sudah memegang hak atas nama iPhone pada tahun 2000. Ini membuktikan bahwa Gradiente sudah memiliki nama tersebut tujuh tahun sebelum Apple mengeluarkan iPhone.


Berkembangnya kasus ini ternyata membuat Apple malah makin geram. Hasil yang dikeluarkan oleh badan hukum di Brazil bahwa APple tidak lagi boleh menggunakan nama iPhone di negara tersebut lantaran memang Gradiente sudah jauh lebih dulu menggunakan namanya itu. Hal ini ditambah lagi dengan fakta bahwa Gradiente menggunakan nama iPhone sebagai nama untuk perangkat pintar berbasis Android buatannya. Sungguh ini membuat Apple benar-benar naik pitam. Dengan hasil kasus yang memberatkan Apple, sampai saat ini belum ada konfirmasi langsung dari pihak Apple, apakah mereka akan membiarkan atau kemungkinan paling besar mereka akan memperjuangkan nama smartphone dari Apple sebagai paten mereka. 

Kalau memang nama tersebut sudah digunakan jauh sebelum Apple? Mengapa mereka masih tetap mengotot ya untuk memperjuangkan? Well, c'mon Apple why don't you just let it go?

No comments:

Post a Comment