Tuesday, March 19, 2013

Koneksi Lemot Jadi Kendala Utama Industri Game Indonesia!


International Data Corporation (IDC) mengungapkan data terbaru mengenai sebuah kendala yang dihadapi oleh negara kita khususnya dalam bidang industri game. Kebanyakan dari gamer yang ada di Indonesia adalah pengguna game digital yang menggunakan jaringan online, dan kebanyakan dari mereka terkendala oleh masalah koneksi internet yang lambat. Padahal industri game di Indonesia sendiri sebenarnya memiliki potensi yang besar dalam perkembangannya.

Koneksi Lemot Jadi Kendala Utama Industri Game Indonesia!

Kecepatan akses internet tentu diperlukan agar gamer dapat memainkan game mereka dengan lancar dan tentu tidak emosi. Kendala yang sangat disayangkan jika melihat jumlah pendapatan negara dari industri game online Indonesia yang mencapai angka lebih dari 150 juta dolar Amerika. Bukan jumlah yang sedikit, namun cukup menarik untuk dibahas karena meski dengan koneksi yang tidak mumpuni pun, gamer tetap besusah payah untuk bermain game yang mereka senangi.


Seperti kutipan yang diambil dari Republika, Sebelumnya, IDC memperkirakan industri game online termasuk salah satu tren bisnis teknologi informatika Indonesia pada 2013 dengan pertumbuhan 30 persen. "Hampir 20 persen pengguna Internet adalah para pemain game online," kata analis pasar IDC Indonesia, Muhammad Ikhwan tentang konsumen game online di Indonesia. Ikhwan mengatakan sebagian besar game online dari penerbit Indonesia berbasis PC yang hanya sesuai dengan sistem operasi Windows dan menghadapi kendala pada perangkat komputer dengan sistem operasi lain.


Lalu bagaimana tanggapan pemerintah mengenai hal ini? Jika memang mereka benar-benar ingin mendukung industri game di Indonesia, dengan tujuan untuk mencari pemasukan, apakah mereka hanya mengembangkan dunia tersebut hanya dari para developernya saja? Atau mereka juga akan menyediakan penunjang berupa internet yang cepat kepada setiap gamer dengan harga yang terjangkau? Sebab kecepatan internet di Indonesia memang terbilang cukup lambat dan mengecewakan. 

No comments:

Post a Comment