Thursday, May 8, 2014

Minecraft Masuk ke Dalam Mode Pembelajaran Geografi

Video games yang masuk ke dalam kurikulum pelajaran memang sudah bukan yang pertama kali ada di dunia. Kali ini ada lagi sebuah game, yang bisa dibilang telah memiliki nama besar di dunia game, ikut memberikan sumbangsih ke dalam pelajaran. Ini adalah kali pertama untuk game tersebut dimasukkan ke dalam pelajaran oleh pemerintah Denmark.

Minecraft Masuk ke Dalam Mode Pembelajaran Geografi

Secara resmi pemerintah Denmark mengumumkan bahwa mereka membawa game besutan Mojang tersebut ke dalam pelajaran. Game tersebut digunakan untuk mempelajari wilayah geografis dari Kerajaan Denmark. Pemerintahan Denmark menggunakan game ini sebagai salah satu proses pembelajaran secara digital. Kementrian Lingkungan Hidup membuatkan suatu wilayah pada Denmark pada game tersebut. Hal ini tentu bertujuan agar mempermudah proses pembelajaran antara guru dan murid.

Menteri Lingkungan Denmark, Kirsten Brosbol mengungkapkan bahwa mereka telah menciptakan sebuah Denmark dalam versi online di dalam game Minecraft. Dengan game ini, pemerintahan berharap para siswa dapat membuat hutan mereka sendiri di sana, membuat sekolahan, instalasi pembangkit listrik, kincir angin, dan apa pun sesuai dengan keinginan dan kreatifitas mereka.


Program ini sendiri tak lepas dari kegigihan dan kerja keras dari Simon Kokkendorf dan Thor Bjorn Nielsen dari Geodatastyrelsen yang merupakan bagian dari badan pemerintaahan. Dengan gigih mereka memetakah seluruh alam Denmark agar dapat dimasukkan ke dalam game.

Pembelajaran seperti ini tentu sangatlah menarik perhatian bagi setiap murid. Dengan media game, tentu banyak murid yang bersemangat untuk belajar. Karena belajar tak melulu dengan buku dan papan tulis. Semoga saja Indonesia bisa meniru sistem pembelajaran seperti ini. 

No comments:

Post a Comment