Wednesday, April 24, 2013

Inilah Ciri-Ciri Android Telah Terserang Malware


Kejahatan dunia cyber terus marak melihat dari peningkatan pengguna untuk setiap peralatan elektronik yang terhubung ke internet. Bukti nyata dari meningkatnya tindak kejahatan ini adalah jumlah para pengguna yang terkena serangan virus atau malware pada perangkat khususnya Android meningkat sangat tajam dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Android memang terbilang salah satu sistem operasi yang kurang kokoh terhadap serangan virus, hal tersebut dikarenakan sistem open source yang digunakan oleh Google yang membuat banyak orang menyalah-artikan kesempatan tersebut.

Inilah Ciri-Ciri Android Telah Terserang Malware

Hal seperti ini tentu sangat menyebalkan, karena sebuah serangan malware tentu tidak ada yang menguntungkan dan hanya membuat cemas penggunanya. Namun hal ini tentu dapat ditanggulangi sesegera mungkin jika pengguna telah mengetahui gejala-gejala kalau OS tersebut ternyata telah terserang virus. Ada beberapa gejala yang telah kami rangkum dibawah ini;


Baterai Cepat Habis


Penggunaan platform yang dirasa biasa saja namun mengapa baterai lebih cepat habis daripada yang sudah ada sebelumnya. Jika seharusnya baterai habis dalam waktu satu hari namun ini menjadi satu hari kurang atau bahkan setengah hari, tanda-tanda ini bisa menjadi tanda kalau perangkat tersebut telah terkena malware. Ambil contoh, sebuah malware yang beraktivitas terus menerus mengirimkan iklan pada perangkat Android yang digunakan, hal ini tentu sangat menguras baterai.


Dropped Call

Malware juga ada yang dibuat untuk menggangu panggilan bahkan untuk menyadap pembicaraan pada panggilan tersebut. Gangguan tersebut dapat terjadi ketika pengguna sedang melakukan sebuah panggilan suara dan tiba-tiba ada suara yang sangat mengganggu, sementara signal pada perangkat mobile yang digunakan ternyata masih banyak. Hal ini mungkin saja serangan malware, jadi harus sedikit lebih berhati-hati.


Pulsa dan Paket Data Cepat Habis

Jika pulsa cepat habis mungkin dikarenakan malware yang terus menerus mengirimkan pesan secara otomatis dari ponsel pengguna secara cepat, seperti sebuah sms berlangganan. Yang lebih parahnya lagi layanan sms berlangganan ini tenyata bisa langsung di hapus secara cepat oleh malware sehingga penggunanya tidak mengetahui aktivitas yang dilakukan oleh malware tersebut. Jika data cepat habis, bisa jadi malware melakukan download ataupun upload secara berlebihan. Hal ini tentu akan memakan pulsa ataupun paket data yang pengguna daftarkan.

Performa Menurun


Untuk yang satu ini memang agak sulit dilihat patokannya, terlebih jika pengguna hanya melakukan tindakan-tindakan ringan saja pada perangkat yang digunakan. Untuk dapat melihat tindak kejahatan malware yang satu ini selain dilihat dari tingkat kecepatan dalam melakukan sesuatu, ada cara mudah yaitu dengan melihat penggunaan RAM atau prosesor pada perangkat tersebut, jika memang sudah diambang batas, bisa jadi perangkat tersebut terserang malware.

No comments:

Post a Comment