Friday, April 25, 2014

Video Call Sudah Ada Sejak Setengah Abad Yang Lalu

Saat ini setiap perangkat, baik itu PC, komputer jinjing, ataupun smartphone sudah memiliki kamera yang dapat digunakan untuk melakukan video call. Berbagai aplikasi pun dapat dipilih oleh pengguna untuk melakukan panggilan video tersebut, seperti Skype, Facetime, Yahoo Messenger, FaceTime dan masih banyak lagi lainnya. Namun pernahkah mengira kapan pertama kali teknologi ini hadir?

Video Call Sudah Ada Sejak Setengah Abad Yang Lalu

Sebenarnya teknologi panggilan video ini sudah ada sejak 50 tahun yang lalu. Teknologi pertama yang dapat melakukan sebuah panggilan video dikembangkah oleh Bell Systems. Panggilan video pertama antar bedua pertama kali dilakukan pada tanggal 20 April 1964.

Seperti yang dilansir pada laman Mashable, pertama kali panggilan video tersebut dilakukan dengan menggunakan sebuah perangkat yang diberi nama Bell Mod 1 PicturePhone. Pada tahun tersebut, panggilan video yang bisa dihasilkan oleh perangkat tersebut hanya dapat berkisar selama sekitar 10 menit saja. Alat tersebut pertama kali dipamerkan pada ajang World Fair, Meadow Park, New York.


Pada pameran yang digelar tersebut, setiap pengunjung yang hadir di sana dapat menikmati layanan panggilan video tersebut dengan menghubungi petugas yang ada di tempat. Dengan menggunakan kamera dan monitor, Bell Mod 1 PicturePhone sudah dapat melihat lawan bicara pada sebuah video dengan kecepatan video 30 fps. Sayangnya tidak semua orang pada saat itu dapat menikmati teknologi canggih ini, karena tarif yang diberikan juga cukup mahal, yaitu 16 US$ untuk waktu 3 menit saja.

No comments:

Post a Comment