Monday, April 14, 2014

Sejak Ditinggalkan Microsoft, Windows XP Jadi Sarang Virus?

Masih adakah anda yang masih setia menggunakan Windows XP? Kalau anda masih belum mau 'move on' dari Windows XP, sebaiknya anda harus berhati-hati karena saat ini banyak para pengguna XP mengaku terserang banyak virus. Sejak XP ditinggalkan oleh Microsoft pada 8 April lalu, Windows yang sampai saat ini mempunyai pengguna terbanyak diakui langsung diserbu oleh virus. Dengan mudah tanpa perlindungan lagi dari Microsoft virus tersebut masuk dan menginfeksi komputer pengguna.
Sejak Ditinggalkan Microsoft, Windows XP Jadi Sarang Virus?
Kabarnya. Virus yang menyerang komputer Windows XP melakukan sejumlah trik dan tipu daya untuk menyusupi komputer pengguna.
Dilansir dari Okezone, Banyak iklan video di YouTube yang menawarkan update software mulai dari anti-virus hingga media player untuk menghindari bahaya malware dari komputer Windows XP yang tak lagi aman. Namun jika pengguna mengklik tautan video tersebut, komputer pengguna langsung memunculkan jendela berisi iklan atau tawaran lainnya.
Selain itu, komputer juga akan melakukan unduhan secara otomatis file yang berisi virus yang nantinya akan membuat sistem Windows anda error. Bagi Anda yang masih menggunakan Windows XP dan seringkali browsing internet, berhati-hatilah jika menemukan file bernama 'Setup File.rar' dan meminta Anda untuk mengunduhnya. Jika pengguna mengklik tautan tersebut akan dihadapkan dengan situs survei yang meminta data pribadi sebelum melakukan unduhan. Data pribadi tersebut, termasuk email, akan digunakan untuk mengirim spam, atau tautan yang memaksa Anda mengunduh software. Tentu saja berisi virus.
Sejak dimatikannya support Windows XP pada 8 April 2014 kemarin, Windows ini terus diserbu berbagai malware berbahaya dan menjadi sarang virus
Kita sendiri tentunya tidak bisa menyalahkan siapapun atas kejadian mudahnya virus yang masuk ke sistem Windows XP karena Microsoft sendiri memang sudah menghentikan total supportnya terhadap XP karena tidak ada lagi Update sejak beberapa tahun belakangan ini. Selain ancaman download file bervirus, ada ancaman lain dimana virus tersebut menyebarkan peringatan bahwa komputer anda terserang virus padahal tidak. Jangan langsung panik jika melihat peringatan ini. Ada baiknya mengecek dulu dengan antivirus yang ada.
Ada baiknya jika anda masih menggunakan sistem Windows XP, matikan sistem update berkala dan tidak sembarang mendownload berbagai file, dan juga melakukan pemeriksaan berkala dengan Antivirus yang cukup ampuh. Sampai saat ini sudah banyak para pengguna XP yang mengaku terserang malware berbahaya tersebut dan merusak sistem Windows mereka.

No comments:

Post a Comment