Thursday, April 24, 2014

Cina Melarang Peredaran Game Yang Mengandung Kekerasan!

Game yang beredar saat ini selalu identik dengan kekerasan. Aksi tembak-menembak, kata-kata kasar yang terkadang memancing kasus rasisme, pembunuhan, dll. Rasanya kita sebagai gamers bisa memaklumi hal tersebut, walaupun hal ini memang tidak baik, tapi kenyataannya tanpa elemen kekerasan didalam game, maka game tersebut tidaklah seru untuk dimainkan, benar kan?
Cina Melarang Peredaran Game Yang Mengandung Kekerasan!
Berbeda dengan pemikiran para gamers, Pemerintah Cina membuat sebuah peraturan baru yang sangat ketat yakni akan melarang semua peredaran game yang mengandung unsur kekerasan yang sangat berbahaya.
Mungkin saat ini Cina merupakan negara di Asia satu-satunya yang mempunyai peraturan sangat ketat perihal 'game'. Sebelumnya negara tersebut melarang penjualan konsol PS4 dan Xbox One dinegaranya tapi saat ini peraturan tersebut akan diperlonggar tapi dengan syarat tertentu. Pemerintah China siap untuk mengizinkan Sony dan Microsoft menjual PlayStation 4 dan Xbox One ke pasar lokal tapi dengan syarat konten game yang mengandung kekerasan tidak diperbolehkan dijual di negaranya.
Departemen Kebudayaan telah menerbitkan daftar dari berbagai pembatasan terkait dengan konten. Okzeone melaporkan, China melarang beberapa konten game yang berkaitan dengan pelanggaran konstitusi China. Selain itu, game yang mengancam persatuan nasional, kedaulatan, integritas teritorial dan hal-hal yang merugikan reputasi bangsa, keamanan dan kepentingan dilarang di China. Lebih rinci lagi, tidak boleh ada game yang menghasut kebencian rasial, etnis atau merugikan tradisi etnis dan budaya China.
Game-game yang mengandung unsur kekerasan tinggi, konten seksual, dan penggunaan obat terlarang akan dilarang beredar di Cina agar tidak menimbulkan efek buruk bagi warganya
Lebih jauh lagi pemerintah menambahkan bahwa game-game yang memperlihatkan adengan seksual, penggunaan obat-obatan terlarang, perjudian bahkan sampai pemujana terhadap setan ataupun iblis,  semua konten harus disampaikan ke departemen kebudayaan Shanghai untuk proses persetujuan. Saat semua sudah disetujui barulah game tersebut boleh beredar di negara tirai bambu tersebut.
Yang lebih ketat lagi, pemerintah bukan hanya akan menyeleksi game dengan bentuk kepingan CD melainkan juga patch atau yang kita kenal dengan DLC. Semua akan diseleksi dan akan memakan waktu kurang lebih 2 minggu.

No comments:

Post a Comment