Sunday, January 20, 2013

PS4 vs Xbox 720, Siapa Yang terhebat?


Persaingan antara konsol buatan Microsoft dan Sony terus mencuak, apalagi setelah terdengar kabar kalau kedua konsol tersebut akan diumumkan pada saat yang bersamaan yaitu di ajang E3 bulan Juni nanti. Namun belum sampai pada waktunya nanti, bocoran mengenai kedua konsol tersebut terus terungkap, apakah itu dari segi kapan perilisannya hingga spesifikasi-spesifikasi apa yang diberikan pada konsol tersebut.

PS4 vs Xbox 720, Siapa Yang terhebat?

Kehebatan dari Xbox 720 sendiri sebelumnya telah terungkap. Kabarnya konsol buatan Microsoft tersebut akan menggunakan prosesor 8 Core. Namun apakah ini akan menjadi jaminan kalau konsol ini akan mengalahkan PlayStation 4? Sebuah situs game besar VG247 melaporkan kalau PlayStation 4 justru lebih cepat dan bertenaga dibandingkan dengan konsol buatan Microsoft tersebut. Padahal seperti yang dibeberkan sebelumnya, Xbox akan dipersenjatai dengan RAM yang cukup besar, lalu bagaimana dengan PS4, apa saja yang tertanam didalamnya?

Menurut situs VG247 yang kami ambil dari Liputan6, mereka mendapatkan informasi dari beberapa sumber pengembang yang memiliki bocoran informasi tentang spesifikasi PlayStation 4 (PS4) yang bernama kode Orbis, dan konsol Xbox 720 yang bernama kode Durango. Menurut sumber, konsol PS4 akan memiliki kemampuan berlari hingga 1,84 teraflops, sedangkan Xbox 720 hanya 1,23 teraflops. Jika itu benar, ini berarti PlayStation 4 akan memiliki kemampuan daya komputasi 50% lebih kencang dibanding Xbox 720.


Memang pada kenyataannya Xbox 720 sendiri nanti akan dilengkapi dengan RAM yang sangat besar yaitu 8GB. Seperti data yang diberikan dari sumber tersebut. penggunaan RAM akan terbagi menjadi dua bagian. 3GB akan diberikan sebagai cadangan untuk OS yang digunakan, aplikasi dan juga fitur security untuk konsol tersebut, sedangkan 5GB sisanya akan benar-benar fokus hanya untuk bermain game.

Hal ini tentu jauh berbeda dengan yang ada pada PlayStation 4. PS4 sendiri dikabarkan hanya akan menggunakan RAM sebesar 4GB, dan itu pun masih akan terbagi 1GB untuk operating sistem dan juga fitur lainnya. Yang tersisa hanyalah 3GB saja untuk bermain game.


Untuk prosesor yang digunakan, ada kabar yang mengatakan kalau Xbox 720 akan menggunakan prosesor Radeon HD 8770. Berbeda dengan PlayStation 4 yang akan menggunakan prosesor AMD A10 APU. Kedua konsol tersebut kabarnya akan dilengkapi dengan kemampuan membaca disc Blu-ray 100GB.

No comments:

Post a Comment