Monday, June 9, 2014

Hanya Dengan Buku Manual, Dua Remaja Berhasil `Hacking` Mesin ATM

Peretasan yang terjadi pada mesin ATM memang bukan yang pertama kali terjadi, peretasan ini sudah kerap kali terjadi diberbagai penjuru dunia. Kejahatan cyber ini memang menjadi salah satu kejahatan yang lagi marak dilakukan, terlebih karena di dalam mesin ini memang menyimpan uang yang cukup banyak dan tidak dilengkapi dengan sistem keamanan yang tangguh.

Hanya Dengan Buku Manual, Dua Remaja Berhasil `Hacking` Mesin ATM

Lemahnya sistem keamanan yang ada pada mesin ATM ini dapat dilihat dari pembuktian dua remaja berusia 14 tahun yang berhasil masuk ke dalam sistem administrator pada sebuah mesin ATM milik Bank of Mentreal di Kanada. Parahnya lagi, kedua remaja tersebut dapat dengan mudah masuk ke dalam system administrator di mesin tersebut hanya dengan membaca buku manual mesin ATM yang mereka dapatkan dari internet.

Kedua remaja ini sendiri sebenarnya hanya ingin mengobati rasa penasaran mereka dengan kebenaran isi buku manual yang ada di internet tersebut dan mencobanya langsung ke mesin ATM. Ternyata setelah mereka mencobanya, mereka berhasil masuk ke mode operator pada mesin tersebut. Mereka hanya memasukkan password default seperti yang tertera pada buku manual yang mereka dapatkan.


Kedua remaja ini tidak mengambil uang yang ada di dalam mesin ATM. Mereka kemudian melaporkannya kepada petugas bank setempat. Melihat laporan tersebut, terlebih yang melaporkannya kedua anak remaja, tentu saja petugas bank tidak percaya dengan laporan mereka tersebut dan menganggap itu hanya sebuah lelucon belaka. Namun laporan tersebut baru dipercayai oleh petugas bank setelah mereka mengganti kalimat yang ada di dalam mesin ATM dengan tulisan "Pergi. ATM ini telah diretas" yang seharusnya tulisan tersebut berisi "Selamat Datang pada ATM".

No comments:

Post a Comment