Sunday, June 1, 2014

Game Watchdog Memberi Pengaruh Buruk Bagi Generasi Masa Depan?

Game yang telah ditunggu-tunggu Watchdog akhirnya telah dirilis pada 27 Mei 2014 lalu, banyak pro dan kontra datang menghampiri game open world yang mengambil tema seorang hacker. Dari sekian banyak pujian, muncul juga berbagai kritik negatif yang menyebutkan bahwa game Watchdog akan memberi dampak buruk bagi generasi masa depan salah satunya adalah seorang pembawa berita sekaligus radio terkenal Glenn Beck.
Game Watchdog Memberi Pengaruh Buruk Bagi Generasi Masa Depan?
Seorang presenter TV Amerika dan radio terkenal Glenn Beck mengkritik game Watchdog dimana game ini menyebarkan ajaran menjadi hacker yang sangat buruk bagi pemikiran generasi masa depan.
Dilansir dari Polygon, Glenn menggelar acara bernama The Blaze yang dimana pada acara tersebut presenter berita terkenal itu menyebutkan tokoh protagonis Watchdog Aiden Pearce menjadi seorang Anti-hero dan buka hero tradisional seperti Superman. Beck menyebutkan bahwa Aiden Pearce melanggar banyak sekali peraturan dan hukum untuk menjadi seorang anti-hero. Beck juga menyebutkan bahwa Watchdog disisi lain telah mempromosikan 'hacking' dimana hal ini bukanlah hal yang keren tapi sangat merugikan.
"Game ini mengajarkan kita untuk meng-hack segalanya. Menghack atm seseorang, mengintip privasi seseorang, bahkan sampai kegiatan ditempat tidur, ponsel mereka apapun yang mereka punya, ada apa dengan kita semua? Apa yang kita pikirkan? Kita dirumah bermain game keren ini dan tanpa sadar mengajarkan anak/teman/saudara meretas seseorang untuk sekedar hiburan? Dalam pertanyaannya Glen juga mengatakan bahwa video game merupakan media yang saat ini mudah ditiru orang. Banyak kasus negatif terjadi gara-gara terinspirasi oleh video game.
"Watchdog mengajarkan anak/saudara/teman meng-hack ponsel seseorang untuk kepentingan hiburan. Menjadi hacker merupakan sebuah tindak kriminal yang dapat membahayakan kehidupan.
"Video game merupakan media yang kuat yang dapat menimbulkan  efek negatif terhadap otak kita. Sangat sulit menghindari video game saat ini, ya karena itu sangat menyenangkan. Video game seperti narkoba, sekalinya kalian kecanduan maka akan sulit untuk keluar darinya", ujar Beck. "Bukan hanya video game saja, teknologi yang saat ini semakin canggih, gadget, facebook juga menyebabkan kecanduan yang sangat berbahaya", tambahnya.
Biarpun ada kritik yang datang, saat ini game Watchdog telah tercatat sebagai game dengan rekor penjualan tercepat sepanjang sejarah Ubisoft. Wathdog dirilis pada PS3, PS4, Xbox One, Xbox 360 dan PC.

No comments:

Post a Comment