Wednesday, February 19, 2014

Gila! Facebook Beli WhatsApp Sebesar 19 Miliar Dollar Amerika Serikat

Kegilaan monopoli Mark Zuckerberg semakin kental terlihat, tak dapat dipungkiri lagi dari jejaring sosial Facebook yang hampir semua fiturnya bisa dibilang ada di setiap sosial media lainnya, hingga instagram yang juga dicaplok oleh perusahaan tersebut, kali ini Facebook bahkan juga membeli sebuah aplikasi chatting yang sudah sangat membahana yaitu WhatsApp.

Gila! Facebook Beli WhatsApp Sebesar 19 Miliar Dollar Amerika Serikat

Pembelian ini bisa dibilang cukup gila, terlebih harga yang harus dikeluarkan oleh Facebook juga tidaklah sedikit. Perusahaan yang dipimpin oleh Mark itu harus merogoh kantong sangat dalam untuk bisa memiliki WhatsApp. Seperti yang dilaporkan pada laman Reuters, Facebook mengeluarkan dana sebesar 19 miliar dollar AS atau sekitar 223 triliun Rupiah untuk bisa mendapatkan aplikasi tersebut.


Pembayaran tersebut tentu tidak sepenuhanya uang tunai. Sesungguhnya Facebook sudah memberikan penawaran di awal untuk bisa mendapatkan WhatsApp dengan harga 16 milliar dollar. Dimana 12 miliar dollar AS adalah saham Facebook dan 4 miliar sisanya adalah uang tunai. Facebook sendiri juga akan memberikan 3 miliar dollar AS saham terbatas untuk para pendiri dan karyawan WhatsApp dengan jangka waktu 4 tahun setelah proses akuisisi selesai.

Akan tetapi jika proses akuisisi tersebut nantinya gagal, ada perjanjian khusus yang juga telah dibuatnya dimana Facebook telah setuju untuk menggantikan "uang rugi" kepada WhatsApp yang jumlahnya tidak sedikit yaitu 1 miliar dollar AS, dan masih ditambah sejumlah saham kelas A yang bernilai sama yaitu 1 miliar.


Alasan Facebook sendiri ingin membeli WhatsApp adalah karena WhatsApp saat ini ada di dalam sebuah jalur yang menghubungkan 1 miliar orang. Hal ini seperti yang diungkapkan langsung oleh Mark Zuckerberg. "Layanan tersebut telah mendapatkan sebuah pencapaian yang sangat bernila dan luar biasa," ungkap Mark. 

No comments:

Post a Comment