Tuesday, December 10, 2013

Google Didemo dan Dituntut Warga Rp. 12 Triliun!

Google, sebuah perusahaan besar ini memang menjadi impian dan dambaan semua orang. Bagaimana tidak? Google mempunyai fasilitas yang sangat asik dan juga paling pandai dalam memanjakan para karyawannya agar betah bekerja disana. Selain fasilitas, hadiah yang diberikan oleh Google setiap tahun kepada para karyawannya juga tidak tanggung-tanggung. Tapi ternyata dibalik semua itu Google saat ini sedang didemo dan dituntut oleh para warganya, nah loh.
Google Didemo dan Dituntut Warga Rp. 12 Triliun!
Warga sekitar perusahaan Google yang bermarkas di San Fransisco menuntut perusahaan besar Google sebesar Rp. 12 triliun, bukan karena lantaran iri atau tidak bisa bekerja disana melainkan kehadiran kantor Google yang menyusahkan mereka.
Dilansir dari Liputan 6, Pada Senin pagi waktu setempat, para demonstran memberhentikan bus besar yang biasa digunakan sebagai angkutan antar-jemput karyawan Google. Sekelompok warga yang mengaku dari warga San Fransisco mengatakan bahwa kehadiran Google di wilayah mereka sangat menyusahkan mereka. Kesenjangan sosial yang timbul akibat fasilitas yang diberikan Google untuk pekerjanya ternyata menjadi alasan para warga mendemo raksasa situs pencarian online itu. 
Mereka mengatakan bahaw kehadiran Google diwilayahnya membuat warga risih. Pasalnya dengan kehadiran Google, harga rumah disekitar mereka jadi jauh melambung tinggi tak terjangkau dan angka penggusuran diwilayah mereka meningkat. Lebih lanjut, para pengunjuk rasa itu menyebut bus Google setiap hari ber-sliweran di kota tanpa membayar apapun untuk kota. "Bus mereka mengangkut 200 karyawan dan berhenti kira-kira 7.100 kali setiap hari tapi tanpa izin ataupun memberi kontribusi dana untuk mendukung infrastruktur publik ini," katanya.

Sekelompok warga yang mengaku dari warga San Fransisco mengatakan bahwa kehadiran Google di wilayah mereka sangat menyusahkan mereka. Kesenjangan sosial yang timbul akibat fasilitas yang diberikan Google untuk pekerjanya ternyata menjadi alasan para warga mendemo raksasa situs pencarian online itu. 

Para pengunjuk rasa itu menuntut Google untuk membayar denda sebesar USD 1 miliar atau hampir Rp 12 triliun. Dana dalam jumlah besar itu diminta warga sebagai biaya untuk membangun kota dari Google. Pihak Google sendiri sudah memberikan keterangan tentang tuntutan warga terhadap perusahaannya. Google mengatakan bahwa mereka menjalin hubungan baik dengan warga kota sekitar dan selama ini sudah mengikuti semua aturan yang diberikan oleh kota tempat kantornya.
Sampai saat ini tuntutan warga belum dijawab oleh pihak Google. Google juga menunggu keputusan pemerintah setempat mengenai masalah ini.

No comments:

Post a Comment