Monday, November 11, 2013

Tak Disangka, Windows Telah Menemani Komputer Selama 30 Tahun

Adakah sobat gamers disini yang sudah mengenal Windows sejak Windows pertama kali diluncurkan dahulu? Tak terasa, sistem operasi komputer yang paling banyak digunakan tersebut telah berusia 30 tahun. Pada tanggal 10 November 1983, dimana tepat pada tanggal itulah semua bermula. Pada awalnya, semua tak terlihat sehebat yang ada di jaman sekarang. Bill Gates pertama kali memperkenalkan sebuah Interface Manager pada sebuah Plaza Hotel di New York, Amerika Serikat.

Tak Disangka, Windows Telah Menemani Komputer Selama 30 Tahun

Interface Manager sendiri adalah sebuah sistem operasi generasi penerus pada tahun itu. Dimana para pengguna dapat melihat sebuah tampilan yang berupa gambar, dan dapat melakukan beberapa pekerjaan atau yang biasa disebut dengan multitasking untuk komputer yang saat itu masih dikeluarkan oleh IBM. Itu adalah cerita pertama kalinya kelahiran dari sistem operasi yang bernama Windows.


Bill Gates sendiri memang pandai mengambil hati para pengguna komputer pada jaman tersebut. Pada peluncurannya yang dilakukan pertama kali pada saat tersebut, ternyata banyak mendapatkan respon positif dari dunia industri komputer. Dengan adanya tanggapan yang positif seperti itu, Windows pun akhirnya dirilis secara melebar dan mulai dipasarkan 2 tahun setelah perkenalan pertama kalinya tersebut. Pada saat itu, Windows yang diperkenalkan adalah Windows 1.0, yang merupakan seri pertama dari OS Windows.


Saat ini, Windows sudah menjadi sangat besar dan menjadikan Bill Gates sebagai manusia terkaya di jagad bumi atas perkembangan yang tak pernah berhenti pada sistem operasi yang dibuatnya. Tiga puluh tahun yang lalu mungkin saja Bill Gates tidak pernah menyangka hal ini akan terjadi. Lalu bagaimanakah dengan Windows 30 tahun mendatang? Masih tetap berkembang atau akan mati? Kita tidak pernah menyangka. 

No comments:

Post a Comment